Sunday, June 22, 2003

wolverhampton

sekumpulan anak indonesia yang kuliah di wolverhampton ngadain bbq-an siang ini, dan gue diundang. ceritanya sih sekalian house warming, karena mereka baru pindah ke rumah yang dikontrak bareng2. sebetulnya gue sama sekali belom kenal sama mereka. cuma kenal salah satu dari mereka, dino. itu pun belum pernah ketemu sama sekali.

lucu juga kalo inget gimana bisa kenal dia. awalnya gara2 gue pingin nonton salah satu festival musik di sini, nyari temen nontonlah gue. caranya, posting di milis ppiuk dan nanya apakah ada yang berminat nonton festival. emang dasar milis ppiuk isinya sok serius dan ngebosenin, gak ada yang nanggepin imel itu, kecuali si dino. jadi sering ngobrol deh lewat imel dan chat. dan baru hari ini ketemu beneran, sekalian juga ketemu anak2 indonesia di sana.

lumayan juga bisa ngobrol dan dengerin orang2 ngobrol pakai bahasa indonesia. kangen juga rasanya, padahal gue di sini belum sampai setahun. mungkin karena bisa dibilang hampir gak pernah ketemu orang indonesia, makanya gue seneng banget sekarang. anak2nya juga lumayan asik2, walopun gue belum terlalu tune-in. maklumlah, namanya juga orang baru. masih berusaha mengenali medan :)

dari kunjungan itu, ada satu hal aneh yang gue rasain. awalnya sih gue pikir itu mengada2 aja, mentang2. tapi dipikir2 lagi, mungkin itu cuma masalah kebiasaan. eh, ini lagi ngomongin apaan sih???

masalah bahasa. gak tau kenapa, setiap mau ngomong, kok otomatis otak nyari kata2 dalam bahasa inggris. padahal kan lagi ngobrol pakai bahasa indonesia. mungkin karena kebiasaan sehari2 di sini, otak musti setengah mati mikirin kata2 yang mau diomongin. yang ada, untuk sementara gue harus switch off english mode dulu. lucunya, begitu balik lagi ke keele, dan ngobrol bareng anak2 di dapur, ini otak udah keasikan sama bahasa indonesia. yang ada gue bengong2 dulu, modal cengar-cengir, berusaha kembali ke english mode. capek juga ternyata.

pokoknya hari ini menyenangkanlah. bisa pergi dari keele, biar cuma sebentar. bisa ngeliat sekumpulan orang indonesia. bisa ngobrol dan denger mereka berbahasa indonesia. dan bisa nambah temen baru... ftd!