Tuesday, March 9, 2004

sok tau!

"apabila kita tidak berhasil menegakkan etika hidup bermasyarakat, maka kedudukan kita lebih rendah dari...", kemudian gambar sekumpulan monyet melengkapi kalimat tersebut. hmmm, sepertinya itu salah satu bentuk poster iklan layanan masyarakat.

secara tampilan sih poster itu terlihat menarik dan bagus. tapi gue keberatan dengan isinya! menunjukkan rasa superioritas manusia atas makhluk hidup lainnya. huh! emang dipikir monyet gak punya etika hidup bermasyarakat apa?!

kita bisa ambil orangutan sebagai contoh. orangutan memang tidak termasuk kategori monyet, lebih sebagai kera besar. tapi paling tidak mereka masih dalam satu keluarga primata. orangutan memiliki etika hidup bermasyarakat yang baik, walaupun sifatnya lebih kepada penggolongan kelompok berdasarkan kelas.

sebagai contoh, dalam urusan makan seekor orangutan yang menjadi pemimpin dalam kelompoknya berhak lebih dahulu memakan buah-buahan yang terbaik dari pohon-pohon yang ada. setelah si bos puas, barulah anak buahnya bisa memakan bagian yang lebih enak. kehidupan bermasyarakat mereka jauh lebih teratur, meskipun sifatnya hirarkis. itu cuma sebagian kecil contoh yang gue ketahui.


jadi, si pembuat poster itu sok tau sekali! atau mungkin gue yang sok tau? ftd!

(uhmm, bisa jadi poster itu tidak bermaksud merendahkan perilaku monyet, tapi justru menganggap monyet lebih tertib dari manusia. tapi tetap gue gak setuju! biar bagaimana yang brengsek itu manusia, gak usah disangkutpautkan dengan binatang dong!)