Monday, March 29, 2004

Koning Willem III School

Hari Minggu kemarin kegiatan Plesiran Tempoe Doeloe-nya Sahabat Museum adalah mengunjungi bekas sekolah Koning Willem III, yang sekarang menjadi Perpustakaan Nasional RI di bilangan Salemba.

Sebetulnya dari dulu gue pingin ikutan acara plesirannya mereka, tapi berhubung kegiatan itu biasanya dimulai pada jam2 yang tidak manusiawi (menurut gue), jadi gue selalu batal ikutan.

Kali ini, kebetulan lagi ada mood untuk bangun kepagian di hari libur dan juga ada teman untuk ikutan acara itu. Jadi, jalanlah kita ke perpustakaan nasional di minggu pagi yang terik itu.

Ternyata gak rugi juga bela2in bangun pagi untuk kegiatan itu. Sebetulnya, kita pemandu tur memberi penjelasan tentang ruangan2 yang dulu pernah dipakai sekolah itu, gue gak terlalu terkesan. biasa aja.

Tapi ketika kita dikumpulkan di aula untuk mendengar dongeng pengalaman para alumni sekolah itu, yang rata-rata berusia di atas 70an, disertai acara pemutaran film Jakarta dan Surabaya tempo dulu (sekitar tahun 1913an dan 1920an kalau gak salah), nah itu baru menarik!

Hmmm, pinginnya sih bulan depan bisa ikutan lagi. Rencananya mereka akan mengunjungi Bogor. Moga-moga pada hari H-nya nanti gue rela untuk bangun kepagian di hari libur. ftd!