Sunday, February 16, 2003

Jumat, 14 Feb 03

Hari ini kegiatan padat banget, atau tepatnya, sok padat. Gak seperti biasa, jam 9.30 pagi gue udah ada di kampus untuk ketemu Scrivener ‘n ngebahas proposal disertasi. Ide awal yang tadinya mo ngebahas tentang kerja sama EU – Indonesia dalam bidang kehutanan, dengan studi kasus proyek TN Leuser di Sumatra, jadi berubah setelah ngobrol banyak sama dia. Alasannya, topik itu terlalu spesifik, akses data yang kemungkinan susah didapat, dan yang terpenting, pembahasan topik itu bakalan hanya seputar presentasi dan deskripsi kegiatan kerja sama itu, gak ada analisisnya. Huh! Banyak omong nih Scrivener. Tapi mungkin ada benernya juga sih…

Akhirnya gue minta saran ke dia, gimana baiknya. Berdasarkan latar belakang pekerjaan, rasanya lebih ada gunanya kalo gue ngeliat aspek kerja sama atau negosiasi dari sejumlah kegiatan diplomasi di bidang lingkungan hidup. Scrivener ngusulin untuk ngebahas tentang proses pembentukan rezim kehutanan, dikaitkan dengan konsep pembangunan berkelanjutan, forest stewardship assistance, ecolabeling, dll, dll. Dia juga nyaranin untuk baca bukunya David Humphrey dan Ans Kolk yang banyak ngebahas masalah itu, sebelum gue ngambil keputusan final. Capek deh! Baca mulu, mending kalo ngerti…

Jam 10an, gue keluar dari ruangannya Scrivener. Cukuplah sejam aja konsultasinya, kelamaan mabok ntar. Untungnya pagi ini cerah. Matahari lagi gak ngumpet. Dinginnya bikin seger, gak nyebelin seperti biasanya, mungkin karena lagi gak ada angin yang suka bikin rese.

Sambil jalan menuju tempatnya Raine, gue mampir Union bentar, ngecek paket kiriman dari NZ, sapa tau udah nyampe. Lagi2 belom ada, gak jadi deh menyambung nafas dengan sampoerna menthol yang dinanti2 itu. Mana laper pula, gara2 tadi gak sempet sarapan. Sampe kamar Raine, langsung aja gue minta sarapan plus kopi. Mayan, sarapan sambil ngecek imel, chat sama Bleki ‘n liat2 koleksi bukunya Raine, sapa tau ada yang bisa dipinjem.

Setelah sarapan, kita lanjut ke International Language Building, mo daftar ikutan trip ke Liverpool yang katanya cuma 5 pound pulang pergi, murah banget! Abis itu, mampir perpustakaan sebentar untuk balikin dan minjem buku, dan lanjut ke Union lagi. Seperti biasa, tiap Jumat selalu ada bursa buku bekas, kali2 aja ada yang menarik. Mayan, gue dapet 2 buku untuk gue sendiri, plus 1 buku buat Tito tentang Ancient Britain, pokoknya dia harus suka!

All missions accomplished! Raine ‘n gue mutusin untuk balik aja ke Taylor House, makan siang bareng anak2 lain. Kali ini lumayan banyak personilnya, ada Bona, Jerusa, Sheetal n Shalini. Makan pizza, ngopi ‘n ngobrol ngalur ngidul, santailah pokoknya. Abis itu, kita berencana nonton dvd di kamarnya Jerusa. Sementara mereka ngumpul di kamar dia, gue balik dulu ke kamar untuk mandi.

Seger rasanya setelah mandi. Beresin kamar bentar, trus buka jendela biar udara sore bisa masuk. Pas buka jendela, eh ternyata Tiago, Portugal gemblung itu, udah berdiri dengan gantengnya di bawah jendela. Jadi tambah seger rasanya (huhuu). Setelah dibukain pintu, masuklah dia, trus kita barengan ke kamarnya Jerusa untuk nonton film Brazil, Central Station. Bagus juga filmnya, menarik dan gak ngebosenin.

Malemnya, Jerusa, Raine ‘n Tiago pergi ke supermarket, beli dessert untuk pesta kecil2an bakal Rajni yang mo pindah ke Wales. Gue di rumah aja, gak tau kenapa kok tiba2 badan rasanya lemes, tenggorokan berasa gak enak lagi. Leye2 aja di tempat tidur sambil nonton tv, sesekali keinget hasil konsultasi tadi pagi, duh bete!

Gak berapa lama, ada yang ngetok pintu kamar. Waktunya ngumpul lagi di dapur, makanan sudah terhidang rapi, ada ayam, kentang a la Bona, pasta, dan segala rupa hidangan penutup. Makanlah kita bareng2. Abis itu nebeng rokok ke Tiago. Tumben tu anak modal, biasanya miskin, hehe. Ngobrol ngalor ngidul tentang segala macem, juga ngetawain Sheetal n Tiago with their banter, gak terasa udah lewat tengah malam.

Bukannya bubar, kita malah pindah ke kamarnya Jerusa. Dengerin lagu dengan volume yang bisa dibilang keras untuk ukuran jam 1 malam. Sheetal, Raine, Tiago ‘n Jerusa ganti-gantian pada jogedan dengan masing2 gayanya. Gue sih santai2 aja di tempat tidur, jadi penonton sekalian komentator, ketawa2. Seru juga. Mendekati jam 4 pagi, Raine n Tiago siap2 balik ke rumah masing2. Sheetal, Jerusa n gue sempet lanjut ngobrol2 bentar sampe jam 5an. Setelah itu balik ke kamar masing2 dan tidur. Fiuh!… what a day… what a nice lovely day… ftd!