Friday, February 21, 2003

Gak Jelas

*Kelas Sustainable Development*
Setelah ngejalanin kuliah selama kurang lebih 5 bulan, ngelewatin 4 mata kuliah di semester awal, ngelakonin 3 mata kuliah yang udah dimulai beberapa minggu untuk semester ini, baru kali ini berasa ada kelas yang menarik! Mungkin, atau bisa dipastikan, itu pengaruh tutornya. Hari ini Kara Shaw ngajar di kelas sustainable development, ngejelasin berbagai hal 'n asal muasal munculnya konsep itu, disertai contohnya. Penjelasannya menarik 'n masuk akal, hebat tu orang! Perempuan, pinter, baek, cakep, PD 'n gayanya asik. She's all I ever wanted to be... Kurangnya dia cuma satu, kelas digeber 2 jam nonstop tanpa ada coffee break. Alhasil, setengah jam terakhir konsentrasi udah buyar, gak bisa nyimak lagi segala omongan dia.

*Royal Mail Brengsek!*
Ada paket kiriman yang mesti diambil di kantor pos, isinya pasti rokok. Tapi kok pake customs charge?! gak tanggung2 pula biayanya, £32.80!! Dah gila apa??!!! Highway robbery!!! Lebih dari separoh belanja bulanan! Masalahnya, gak ketauan itu kiriman dari Ijal ato Sari. Kalo dari Sari ya kudu diambil, daripada tu paket balik ke rumah, bisa digantung ntar dia. Gila nih Inggris!!!

*Cavern Club, Liverpool*
Dijemput sekitar jam 4 sore untuk resepsi chevening di Liverpool. Di mobil itu udah ada beberapa mahasiswa dari Staffordshire Univ, asalnya masing2 ada yang dari Sudan, Ukraina, Bosnia, Kosovo 'n Montenegro... hmmm menarik! Karena supirnya gila, perjalanan bisa ditempuh kurang dari satu jam. Acaranya cenderung ngebosenin, tapi makanannya boleh lah. Mo dibilang ajang sosialisasi juga gak tepat, karena masing2 sibuk sendiri. Yah, itung2 refreshing 'n liat tempat the Beatles dulu sering manggung di awal tahun '60an. Sekitar jam 10an udah nyampe rumah lagi.

*Survei Asal!*
Seperti biasa, gak bisa tidur. Acara tv gak ada yang menarik. Mo baca2 buku juga gak mood. Akhirnya ya nge-browsing aja. Gak tau gimana awalnya, tiba2 jadi kepikiran untuk ngeliat berbagai situs berita, termasuk juga situs2 koran 'n majalah. Alasannya cuma satu, pengen tau aja apa masing2 situs itu punya rubrik khusus tentang lingkungan hidup, seperti halnya rubrik politik, ekonomi, olah raga, bahkan gosip selebriti.

Ada sekitar 6 situs koran nasional (Kompas, Koran Tempo, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Rakyat Merdeka, dan The Jakarta Post), 11 koran daerah (diantaranya Bali Post, Jawa Pos, Pikiran Rakyat, Poskota, Harian Bernas, dan Sriwijaya Pos), dan 4 situs lainnya (KB Antara, Astaga, Detik, Liputan6, dan Satunet). Dari sekian banyak itu, cuma Antara dan Media Indonesia yang bener2 punya rubrik khusus lingkungan hidup, masing2 Warta Bumi dan Lingkungan. Hmmm...

Padahal kalo dipikir2, seandainya masalah lingkungan hidup diberitakan segencar masalah2 politik 'n ekonomi, secara gak langsung mungkin bisa menarik perhatian orang2, dan pelan2 menumbuhkan kesadaran lingkungan. Gak usah gencar deh, asal teratur, ada kontinuitas, mungkin efeknya bakal positif. Dibanding bikin kampanye sadar lingkungan yang sifatnya sering cuma sementara 'n angot2an.

Mungkin banyak orang akan berkilah 'n bilang kalo toh situs yang khusus tentang lingkungan hidup ada banyak jumlahnya, liat aja di situ. Situs tentang itu emang banyak, tapi biasanya yang buka situs itu adalah orang yang emang cukup concern dengan masalah lingkungan. Trus gimana buat orang2 yang kesadaran lingkungannya masih terbilang rendah? Ya mungkin salah satu caranya dengan membuat satu rubrik khusus lingkungan hidup di berbagai media yang ada.

Duh, ngomong paan sih nih??!!!##%$#^&@ jadi ngelantur... ftd!