Thursday, August 26, 2004

tanjung puting: what a fantastic river-cruise!

mestinya entry ini dibuat sebelum gue ngantor lagi, sebelum mood dirusak dan tercemar oleh segala kegiatan kantor. tapi ya sudahlah, daripada tidak sama sekali...

intinya, perjalanan menyusuri sungai sekonyer di tanjung puting luar biasa menyenangkan. kita berangkat dari kumai dengan klotok sewaan menuju tanjung harapan-pondok tanggui-camp leakey. di masing2 tempat itu kita bakal melihat aktivitas pemberian makan orangutan yang bakal/sudah dilepas ke alam bebas.

ada keasikan tersendiri ketika kita menyusuri sungai dengan klotok: menikmati sungai yang lebar dan arusnya yang tenang, hutan rawa di sepanjang sungai dengan bekantan dan macaque yang berlompatan dari pohon ke pohon, dan sekali2 terdengar lagu yang diputar di tape klotok yang seadanya.

lebih asik lagi ketika malam tiba dan kita bermalam di pondok tanggui. saat itu klotok berubah fungsi menjadi tempat bermalam. jadi deh, kita makan malam dan tidur di bawah langit yang diterangi bulan sabit dan tebaran bintang, wiiihhhh.... (how romantic is that? ;D)

pokoknya perjalanan itu sangat berkesan dan menyenangkan. kalau orang bilang bali itu eksotis, maka orgasmic! adalah komentar gue untuk perjalanan di tanjung puting kemarin. dan gue berjanji akan kembali. ftd!