Friday, August 13, 2004

film gantung!

sekitar 2 bulan yang lalu ada undangan rapat pembuatan film promosi dengan tema ekowisata. jelas tertarik dong gue. maka datanglah gue pada waktu yang telah ditentukan dan berharap bakal terlibat dalam tim pembuatan film tersebut. dalam rapat itu ada para bos dan pihak PH yang bakal membuat film.

setelah rapat itu gue bertugas membuat draft film yang bakal dibuat dari hasil omongan dan komentar ngalor ngidul para bos. entah dapat inspirasi dari mana, akhirnya jadilah draft awal itu, tentunya dengan konsultasi ke beberapa teman. gak bisa dibilang sempurna, yang penting ada dulu lah.

kemudian draft itu kita kasih ke pihak PH untuk dikembangkan lebih lanjut. hasilnya cukup nyebelin, karena bolak-balik gak ada perkembangan yang memuaskan dari mereka, harus selalu kita yang ngasih masukan. kasarnya, mereka cuma jadi juru ketik (kalo gak mo dibilang juru copy-paste), karena pada akhirnya sebagian besar konsep film itu kita yang bikin. narasi boleh lah 100% buatan mereka.

awal agustus kemarin mestinya sudah mulai eksekusi pengambilan gambar di kalimantan. rencananya, untuk penangkaran orangutan di tanjung puting kita bakal realshot, sementara yang lain2, seperti palangkaraya cukup stockshot. lalu sempat muncul masalah pendanaan, pihak PH merasa keberatan dengan dana yang ditawarkan dan mengancam mundur dari proyek, dengan catatan script film dikembalikan ke mereka, karena itu dianggap copyright mereka. WHAT???!!!! COPYRIGHT YOUR ASS!!!!

sejak kapan pekerjaan copy-paste ada copyrightnya??!!! kalau yang mereka maksud adalah copyright untuk narasinya ya gak masalah, tapi jangan ngaku2in seluruh draft film sebagai copyright mereka. mulai berkuranglah semangat untuk mikirin film. kabar terbaru, telah ada kesepakatan dana, dengan catatan tanjung puting hanya stockshot, dan real shoot hanya di palangkaraya. what??!!! makin males deh. tapi ya sudah nurut aja. paling tidak, tetap ada rencana ke tanjung puting.

ah, pokoknya sekarang udah terserah aja deh mau diapain tu film, gue udah gak peduli. dana gak memadai, grafisnya gak bisa pake 3D, terserah! duitnya kurang, realshot gak jadi di tanjung puting, bodo! ada masukan baru untuk shoot CPO lahan kelapa sawit sebagai peluang investasi, emang gue pikirin! terserah deh!!! sekalian aja masukin tuh yang kemaren udah dibuang2in, seperti penambangan batubara dan peluang investasi lain yang mengeksploitasi SDA... terserah! yang penting minggu depan gue jadi ke tanjung puting dan mengunjungi penangkaran orangutan yang gue impikan. kalo ternyata tetap batal? fuck it!
ftd!