Thursday, May 6, 2004

wangsit

+ lo bisa maen la paloma gak?
- bisa dong! gue malah sempet apal kok dulu
+ ajarin gue dong!
- ha??!!!

huehehehe... mbak dewi yang lagi asik kerja di depan komputer tadi malam cuma bisa melongo waktu mendengar permintaan gue yang gak jelas juntrungannya itu.

+ huaaa, heran ya? gue barusan dapet wangsit nih, tiba2 pengen bisa maen piano.
- dah gila apa lo ya?
+ mestinya sih gue minta ajarin fur elise, karena wangsitnya begitu. tapi setelah gue liat2 ni buku, kayaknya la paloma aja dulu lah. lebih pendek dan gampang kayaknya.

sebetulnya gue juga heran, kok ujug2 pengen belajar piano. gara2 nonton film elephant-nya gus van sant nih! di film itu ada sebuah adegan dimana seorang bocah psikopat memainkan lagu fur elise di piano. dan tiba2 aja gue jadi pengen banget main piano! padahal itu bukan kali pertama gue mendengarkan lagu itu. sudah sering mbak dewi atau nyokap memainkannya di piano, tapi gue sama sekali gak tergerak pingin bisa main. baru kali inilah!

meskipun sempat terheran2, mbak dewi mau juga ngajarin gue main la paloma. nyokap juga dengan senang hati memberikan bantuan untuk membaca not balok yang gue baca dengan sangat tidak lancar.

+ duh, susah nih! bingung aku!
= ya jelas aja susah, orang tuh biasanya belajar bertahun2 dulu baru sampai ke lagu itu. kamu maunya instan aja.
+ yah, namanya juga wangsit, mam!

hehe, nyokap udah pusing aja denger jawaban gue. dulu, gue menganggap piano sebagai hal yang tidak masuk akal. tangan kiri mencet nada apa, tangan kanan mencet yang lain lagi, tapi setelah digabung kok hasilnya bagus. sementara kalo gitar kan jelas, tangan kiri mencet nada apa, tangan kanan tinggal membunyikan nada tersebut dengan memetik atau strumming. koordinasinya lebih jelas.

jadi kesulitan itu juga yang gue alami ketika mencoba memainkan la paloma. tangan kiri sudah hafal chord2 apa yang harus dipencet, tangan kanan juga sudah tau nada2 apa yang harus dimainkan, tapi begitu harus menggabungkan permainan keduanya, semua langsung bubar, blar!

- syaraf motorik lo udah gak beres kali tuh, koordinasi kiri ama kanannya gak bener.
+ iya kali. lagian juga ketukannya susah ni lagu. ganti lagu aja ah.
= mau lagu apa sekarang?
+ ini aja nih, the beautiful blue danube. ketukannya lebih gampang nih kayaknya.

bener kan! sedikit lebih mudah mengkombinasikan permainan jari kiri dan kanan di lagu ini. lumayan, setelah 2-3 jam menekuni lagu itu dengan bantuan nyokap, gue bisa memainkan sekitar 30 bar pertama dari lagu itu, meski masih terbata2.

gue sudah bermalas2an di kamar sambil menonton tv ketika sari pulang dan berkomentar...

# heh, katanya abis dapet wangsit lo ya? minta diajarin main piano?
+ siapa yang bilang?
# nyokap.
+ hehehehe, iya nih.
# dasar psikopat! orang gila! kemaren dulu dapet wangsit minta dikadoin tamborin, udah gue penuhin. sekarang wangsit baru lagi. psikopat lo!
+ hehehe... bawel lo!

terserah lah orang mo bilang apa, pokoknya malam itu gue senang. ehm, asal gak berakhir seperti si bocah psikopat itu aja ya, yang kemudian membeli senjata otomatis dan memberondong semua teman2 sekolahnya sampai mati. ftd!