Wednesday, January 21, 2004

mood-swings is not cool (fags vs antidepressant)

apa iya berhenti ngerokok bisa membuat orang jadi depresi? ok, mungkin istilah depresi terlalu berat. gimana kalo gelisah?

yang dimaksud dengan gelisah di sini bukan gelisah karena berusaha mengekang keinginan untuk merokok, tapi karena sesuatu yang gak jelas. seperti mengalami mood swings.

dulu pernah terlintas di pikiran, apa iya dari sejumlah senyawa kimia yang terkandung dalam rokok, salah satunya ada yang bersifat seperti prozac, sejenis antidepressant, yang bisa meningkatkan serotonin dalam otak untuk mengendalikan kondisi mood.

selidik punya selidik, ternyata kemungkinan itu ada! bahkan sejumlah penelitian dilakukan untuk membuktikannya. dari sekian ribu senyawa kimia yang ada dalam rokok, salah satu atau beberapa diantaranya ternyata dapat mempengaruhi mood dengan cara yang sama seperti pengobatan antidepressant yang dikenal dengan nama monoamine oxidase inhibitors (MAOIs).

MAOIs tersebut secara efektif meningkatkan kadar neurotransmitter tertentu, seperti serotonin atau dopamine, yang berfungsi sebagai pengatur mood seseorang. sejumlah penelitian di Universitas Mississippi membuktikan bahwa kandungan kimia yang dihisap dari rokok dapat bertindak sebagai antidepressant di dalam otak.

sebagai konsekuensinya, pusat2 kesehatan profesional yang menawarkan terapi berhenti merokok perlu membarengi terapi tersebut dengan menyediakan obat antidepressant untuk mengatasi masalah underlying mood disorders sebagai bagian program berhenti merokok yang komprehensif.

sementara itu, bertentangan dengan gencarnya kampanye untuk menghentikan kebiasaan merokok, seorang dokter di Amerika menyarankan untuk tidak perlu berhenti merokok tapi lebih memusatkan perhatian pada pembatasan konsumsi gula dan grains. pembatasan tersebut lebih penting dilakukan dibanding berhenti merokok. alasannya, grains dapat terurai dengan cepat menjadi gula dan memberi sumbangan yang signifikan pada kenaikan berat badan dan obesitas, oleh karena itu konsumsinya harus dibatasi.

kalo sudah begitu, pertanyaan yang muncul adalah: apa masih perlu usaha gue untuk berhenti ngerokok dilanjutin? ;D

sumber:
* depression and smoking
* researchers explore link between smoking, depression
* cigarettes may serve as an antidepressant
* antidepressant helps smokers to kick ash


collection of UK's cigarette warning,
posted in a corner of room #20, taylor house, keele. ftd!