Tuesday, April 22, 2003

Hari Bumi

We need to love and respect the Earth with the same intensity
that we give to our families and our tribe
(James Lovelock in 'Gaia: A New Look at Life on Earth')


Seberapa banyak orang yang tahu kalau hari ini adalah hari bumi? Mungkin tidak banyak. Kalaupun tahu, sebagai individu, apa yang bisa kita lakukan untuk memperingatinya? Banyak. Pertama, kita bisa melihat, apakah selama ini kegiatan sehari-hari yang kita jalani sudah cukup ramah lingkungan? Kedua, membuat daftar tindakan ramah lingkungan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, menjadikan hari bumi sebagai tonggak awal untuk menjalankan gaya hidup yang ramah lingkungan. Tidak perlu muluk-muluk dan terlalu idealis, bisa dimulai dari kegiatan sehari-hari. Selanjutnya, berusaha semaksimal mungkin menjalankan rencana tersebut, tidak hanya sebatas pada hari bumi, tapi juga pada hari-hari selanjutnya.

Kegiatan sehari-hari yang ramah lingkungan itu seperti apa sih? Yang paling sederhana, bahkan cenderung klise, adalah masalah sampah. Saat ini sudah bukan jamannya lagi orang membuang sampah sembarangan, bahkan untuk sampah sekecil bungkus permen atau puntung rokok sekalipun. Juga sudah lewat masanya untuk menyalahkan tidak tersedianya tempat sampah di tempat-tempat umum. Sekarang adalah waktunya membuang sampah hanya di tempat sampah! Kalaupun tidak terlihat keranjang sampah di sekeliling kita, untuk sementara kita bisa menyimpannya, entah di dalam tas, saku pakaian atau celana, setelah itu berusaha mencari tempat sampah untuk membuangnya.

Kegiatan lainnya adalah menghemat energi. Diantaranya dengan mematikan berbagai perangkat elektronik yang sedang tidak digunakan, seperti lampu, komputer, TV, radio, dan lain sebagainya. Ada baiknya juga kita menghemat air, dengan tidak membiarkan air mengucur secara percuma. Selain itu, sebisa mungkin kita perlu mengurangi penggunaan kertas.

Sejumlah kegiatan tersebut hanyalah sebagian kecil hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi lingkungan hidup di sekitar kita. Masih panjang daftar yang bisa kita buat untuk melindungi bumi kita dari kerusakan. Tapi kita bisa memulainya dari hal-hal kecil seperti tersebut di atas. Tidak perlu biaya yang besar atau kerja keras untuk menjalankannya, cukup dengan mendisiplinkan diri sendiri dan memiliki keyakinan bahwa sekecil apapun upaya yang kita lakukan, kita telah memberikan sumbangan yang berarti atas kelangsungan hidup di planet ini. Sesuai tema hari bumi tahun ini, "One person can make a world of difference".

Selamat Hari Bumi!

Our contract with the Earth is fundamental, for we are a part of it and cannot survive without a healthy planet as our home.
(James Lovelock in 'Gaia: A New Look at Life on Earth')


ftd!