Wednesday, November 2, 2005

astrid lindgren's world

satu hal yang selalu muncul di otak gue setiap mendengar kata swedia atau stockholm adalah pippi si kaus kaki panjang!!! yup, bahkan sampai sekarang, tiap kali mendengar orang berencana pergi ke stockholm, yang selalu terbayang di otak gue adalah mencari rumahnya si pippi.

bisa jadi gue hanya terbawa obsesi masa kecil. jaman sd dulu, salah satu penulis favorit gue adalah astrid lindgren dengan berbagai macam bukunya. dan salah satu buku karyanya yang menjadi favorit gue adalah pippi si kaus kaki panjang.

nah, berawal dari situlah sampai sekarang, meskipun banyak orang yang menganggap swedia identik dengan gam, buat gue swedia adalah pippi! meski harus gue akui bahwa saat ini gue gak hafal lagi detail cerita dari tiga seri buku yang menceritakan kehidupan si pippi. yup, kalau gak salah sih ada tiga buku ya... (terbukti kan kalau gue dah gak hafal lagi ;D)

kembali pada masalah obsesi tadi, malam ini akhirnya gue menyempatkan diri untuk berselancar mencari info tentang pippi di swedia, dan sampailah gue pada situs Astrid Lindgren's World.

gak masalah, yang penting gue sudah punya target kunjungan utama kalau suatu saat dikasih rejeki untuk bermain ke swedia. tapi ternyata jarak lokasinya cukup jauh juga dari stockholm, sekitar 3 jam perjalanan bus/kereta. tapi, sekali lagi, gak masalah. harus bisa diusahakan.

satu hal yang agak sedikit mengganggu adalah, tempat itu sepertinya lebih banyak dikunjungi atau bahkan memang diciptakan untuk anak2. jadi pengunjungnya kebanyakan anak2, paling tidak keluarga beserta anak2nya. bisa dilihat dari tulisan2 dalam halaman situs tersebut, seperti, "your children will enjoy ...." atau "you can bring your children to ...."

what?!! the only child i'll take there is just this 10-year-old child stuck in my body and takes over my mind!

but it's allright though, a wise drunken old man once told me that "for us to be fully human, the child within must be embraced and expressed". jadi gak apa2lah, sekali2 memanjakan si anak kecil itu ;D ftd!