Monday, July 19, 2004

palangkaraya-solo-yogyakarta

minggu kemarin rute perjalanan gue lumayan jauh...  dan banyak. rabu siang berangkat ke palangkaraya, kalteng. ceritanya sih mau ada seminar di sana, temanya adalah peranan diplomasi dalam menunjang otonomi daerah (yeah right!!!). Terserahlah, apapun tujuan dan tema perjalanannya, yang penting gue bisa jauh2 dari kantor.

gak terlalu banyak hal menarik sih di kota kecil itu. mungkin karena waktu kita habis untuk persiapan seminar, jadi gak cukup waktu untuk jalan2 ke banyak tempat. satu tempat menarik yang sempat kita kunjungi adalah kuburan dayak kaharingan, itu juga pake ngeri ngeliatnya.

jumat siang sudah terbang kembali ke jakarta. siap2 packing lagi untuk perjalanan ke solo. kali ini gak ada urusan kerjaan sama sekali, cuma mau kondangan. salah seorang teman kantor bakal melangsungkan pernikahan di sana, jadi kita sebagai teman2 seangkatannya menggunakan alasan itu untuk jalan2 ke solo.

jadilah, sekitar jam 10 malam kereta argo lawu meluncur dari gambir membawa kita bersembilan ke tempat tujuan.  namanya pergi rame2, dengan sejumlah orang gila di dalamnya, pastinya perjalanan jadi lebih seru dan menyenangkan dong.

sabtu pagi sampailah kita di stasiun solo balapan, langsung menuju losmen kecil di sekitaran jl. slamet riyadi, mandi2 dan istirahat sebentar. gak sah rasanya kalau pagi dilewatkan begitu saja tanpa ngopi. jadi pergilah kita ke rumah makan di depan losmen. rada kesel juga nungguin kopi pesanan yang tak kunjung datang, dasar orang solo kali ya, apa2 mesti lama. tapi makin kesel lagi setelah kopinya datang... hueks!! itu mah bukan kopi, tapi air panas berwarna gelap dan rada transparan. mengecewakan.

siangnya kita melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil ke jogja, cuma berkeliling di seputaran malioboro sih. persis waktunya jam makan malam kita sudah sampai lagi di solo. cari makan dulu di warung2 sepanjang jl. slamet riyadi. setelah itu, beberapa orang balik ke losmen, sisanya mampir mengunjungi bakal pengantin di hotel quality, maksudnya sih mau sekalian ngopi. hah, tapi ternyata untuk hotel sekelas itu pun kopinya masih gak enak.

minggu pagi semua sudah siap kondangan. akad nikah, resepsi, makan2, foto2, dan bereslah semua. capek juga ya. sambil menunggu jam penerbangan balik ke jakarta, kita cuma leyeh2 aja di losmen. akhirnya, kita keluar dari losmen sekitar jam 5, langsung menuju bandara adisucipto. ready to depart. fiuh.

berdasarkan pengalaman di sana, dengan ini gue menyatakan solo sebagai kota yang tidak coffee-friendly. huh. ftd!