Wednesday, May 28, 2003

free at last!!!!!

akhirnya, selesai sudah semua exams dan essays! untuk urusan essay sih sudah beres dari tgl 21 kemarin. dan pagi ini ujian terakhir , apapun hasilnya nanti! moga2 sih gak terlalu kacau, mengingat cara belajarnya semalam. seperti halnya di indonesia, cara belajar 'sistem kebut semalam' juga masih berlaku di sini.

diantara teman2 sepermainan, kebetulan cuma tiago dan gue yang ngambil kelas itu. jadilah tadi malem kita berdua belajar bareng, atau tepatnya nge-bullshit bareng. awalnya kita cuma ngobrol2 dan nonton tv di kamarnya ida, bareng jerusa dan raman. baru sekitar jam 2.30 kita mulai ada sedikit niat untuk buka2 buku dan pindah ke kamar tiago untuk nyari suasana yang katanya lebih kondusif untuk belajar.

satu setengah jam bolak balik baca satu artikel ternyata cukup bikin mabok. Bloody EU policy making procedure really fucked my mind up! setelah itu kita memutuskan untuk istirahat dulu, santai2, ngerokok, sambil nyimak cd. istirahat yang rencananya cuma 1/2 jam molor jadi 2 jam. cuma ada waktu 2,5 jam lagi untuk nerusin baca2nya, duh! diterusin secukupnyalah, sekedar nyoba ngejawab soal2 dari pertanyaan ujian tahun lalu.

***
ujian dimulai jam 9.30 sampai 11.30. fiuh! gak sia2 ternyata nge-revise soal ujian tahun lalu. pertanyaannya gak beda2 jauh. itu pun kalo gue gak salah nangkep baca soalnya, kalo salah ya i'll be in a deep shite!

kelar ujian, stephanie, ian, tiago dan gue mampir kpa bar, sekedar mengistirahatkan otak dan tangan yang capek dipakai nge-bullshit 2 jam nonstop. enak memang, santai bareng teman2 selepas ujian, duduk2, ngobrol2 ngalur ngidul, dari yang rada serius sampai yang lumayan ngaco. menarik juga menyimak cerita2 mereka, tentang rencana setelah sekolah, rencana mau kerja dimana, atau pengalaman kerja mereka yang lalu.

bisa dibilang mereka bertiga punya pengalaman kerja sebagai sukarelawan. yang lucu ceritanya stephanie waktu dia kerja di tempat penampungan tunawisma di amerika. kebanyakan tunawisma yang ditampung di situ adalah junkies yang rada2 sekarat. jadi kalau kebetulan ada junkie yang meninggal, stephanie bertugas mendata barang2 milik si junkie, dan kalau ada obat2an yang ditemukan, harus dicatat untuk kemudian dibuang. tapi bukannya dibuang, stephanie biasanya menyimpan obat2an itu untuk konsumsi pribadi. hehe, dasar gila!

ngobrol sana sini, gak terasa ternyata sudah jam 3 lewat. badan juga mulai berasa capek karena semalaman belum tidur. akhirnya kita bubaran. kembali ke rumah masing2, atau tepatnya, ke kamar masing2. gak sabar rasanya pingin rebahan membayar hutang tidur semalam. capek tapi juga lega.

lega rasanya setelah ujian itu selesai, biarpun masih ada satu nilai essay dan dua hasil ujian yang menggantung, plus satu tugas akhir, disertasi! tapi paling gak untuk sementara bisa bernafas lega lah... ftd!